Jumat, 10 Juni 2016

DRAMA KELULUSAN...

Jadi gini. gue mo curhat wkwkw. Kan udah lulus SMA nih. jadi....


.
.
.
.
.
.
Gini,

Gue bakal cerita dari pas gue mo ngadepin Ujian Nyantet ini.

Jadi sebulan sebelum UN, gue masih ngerasa... kayak ga mo UN. Kerjaan gue masih ngefangirl, baca sama bikin ff, nonton anime sama dorama, ngegame Osu ampe semua lagu dapet S, pokoknya ngerasa kalau nggak akan ada UN.

Disaat semua temen pada les, gue nggak.

Gue nggak les karena dari SD kalo gue les, gak pernah masuk. Pas SD gue les di PG, dan itu masuknya telat mulu. gue biasanya cuma ikut les yang pelajaran kedua (soalnya sehari ada dua mapel). Nyokap marah-marah gak terima "KAMU DI LESIN MAHAL MAHAL TAPI MALAH BLA BLA BLA" gitu deh. Gue UN SD itu tahun 2010. Itu pas ada piala dunia di Afrika dan setiap piala dunia, Captain Tsubasa ditayangin di GTV, terus gue gak akan les kalo belum nonton Tsubasa hahahaha :') Walhasil belum sampe UN, gue memutuskan gak lanjut les.

Pas SMP... gue juga gitu. Gue UN itu di tahun 2013. Itu jaman jahiliyah yang pake 'kurikulum 2013' dan yes sekolah gue salah satu kambing percobaan pemerintah pas itu. Sebenernya pas gue SMP udah niat banget les di BP, bahkan keluarga dah setuju karena alumninya banyak masuk ke SMA favorit. Tapi apadaya.. baru dua kali masuk, gue langsung keluar wkwk. Gue pas SMP punya banyak masalah jadi ya gitu. kayak trauma ketemu musuh di tempat les. lagi-lagi emak marah. Semenjak itu gue disuruh gausah ikut les apapun.

Nah pas SMA, disaat anak-anak lain les buat mempersiapkan UN dan SBM.. gue udah nggak minat. mereka pulang jam 8 malem. gue pulang kek biasa jam setengah 5 ampe rumah cus mandi, makan, terus ngewibu ampe tengah malem, ngerumpi di grup fangirl :(

Gue panik kayak orang gatau dimana toilet padahal udah kecepirit itu pas 2 minggu sebelum UN. Eh ga deng, pokonya 20 hari menjelang UN. 

Ortu gue malah biasa aja dan bilang "Halah kamu belajar ga belajar nilenya juga pas pasan. lagian IPS doang ngapain les."  -_- tapi untung gue dari Desember udah dicariin kuliahan ama bokap di swata yang kece. Pokoknya pas itu gue udah di terima di univ swasta lewat JPA jurusan DKV. Kan gue maunya kuliah emang di DKV, dari kelas 11 gue udah ngimpi2in kuliah di DKV ITB.. tapi kata bokap "otak kamu gakan nyampe, udah di Tel-U aja. dosennya ayah kenal dan bagus juga kok" jadi ya gue manut.

Karena itu juga gue jadi biasa aja pas sebulan sebelum UN. tapi gue ga bisa biasa aja pas tiap kali try out MTK dapet nilai galebih dari 4. ITU MALAPETAKA. mending kalo nilainya tau seminggu kemudian atau minimal tiga hari kemudian kek. Ini mah habis nge klik selesai nilainya langsung keluar udah kek main game onlen.

Waktu TO MTK yang terakhir, gue kayak ngeliat kasusnya Kindaichi yang di rumah salib, karena di kasus itu gue gabisa nebak samsek siapa pembunuhnya -_- gue cuma cengo dan blass gatau musti ngisi yang mana, dalam hati gue bilang "selama ini gue sekolah belajar MTK apa yang masuk di otak?" paling statistik doang kayak modus, mean, median gitu, atau bangun ruang kayak ngitung volume benda. Sisanya gue cuma bisa nanya-nanya. Rasa benci gue udah mendarah daging sampe-sampe 3 tahun belajar gada yang nyangkut di otak terutama materi sinus kosinus ingus :(

Alhasil TO MTK terakhir gue dapet 3 :")

Gara-gara itu gue memutuskan mencari guru privat MTK diem-diem pake uang tabungan gue (yang harusnya buat dateng ke AFA tapi yaudahlah). 

Dan akhirnya nemu. Dia alumni sekolah gue yang kuliah di UNJ jurusan MTK dan ngajar jadi guru les MTK di PG. Gue mohon-mohon ke dia supaya bisa ngajarin gue privat seminggu dua kali dengan durasi dua jam dan bajet pas-pasan. Ga cuma itu, gue juga patungan ama temen sebangku buat beli Zenius. Semua pake duit tabungan sendiri :(

Pas gue masih panik karena ga mudah belajar privat enam kali pertemuan, bala bantuan pun datang. Anak-anak nyebutnya 'Tim Sukses' tapi gue sebut 'Taylor Swift'. Katanya, "tenang aja, H-1 pasti turun."

YAK GUE TENANG :) pokoknya serahkan semua ke TS. 

Taunya kagak turun kan bangsat wkwkw. Tapi untung duit balik utuh X'D

Untungnya lagi, gue UN dapet sesi 3 jadi mulainya dari jam 2 sampe jam 4 sore. Pas tau TS ga turun, bocah-bocah pada heboh di grup, dan nyaris semua panik wkwk gue sih belajar ga belajar juga sama aja :v tapi anehnya... pas udah di depan komputer, gue nggak panik loh!!

Jam 2 siang disuruh ke lab komputer, gue liat yang lainnya juga udah b aja, mungkin karena dapet sesi ketiga dan bocoran soal dari sesi pertama udah dibocorin di tempat les masing-masing wkwk 

Selama ngejalanin UN ga ada tuh perasaan tegang atau panik. Sama saja kayak ulangan harian. Gatau gue doang yang ngerasa gitu apa gimana tapi yang pasti kondisinya sama kek ulangan harian. Yang pada saling nanya lah, lirik kanan-kiri lah, lempar-lemparan kertas lah, dll. Lucu deh. Jadi kangen /nahloh  WKWKW

UN kelar, disuruh nunggu sebulan ampe tanggal 7 Mei.

ITU TUH SAAT-SAAT TAKUT GUE. Kek anjing bangsat taiiiik pokoknya gue takut banget pas nunggu nilai UN keluar. Mana pas h-3 nilai UN di umumin tuh gue ga pernah tidur malem. tidurnya pagi-pagi saking takutnya, soalnya gue ampe mimpi kalo nilai di ijasah gue itu 3. anjir bangun dari mimpi ga berhenti mewek. Gue ampe keluar dari semua grup fangirl dan logout semua akun fangirl demi insaf berdoa mulu :"(

Puncak takutnya pas h-1 pengumuman... gue  nongkrong di teras depan rumah buat ketemu dedemit ato setan ato apapun yang bikin gue beruntung. Soalnya banyak yang bilang kalo ketemu setan itu bakal beruntung. Tapi pas udah nongkrong di teras ampe tengah malem malah gada apa-apa :(  

Pas pengumuman dibagiin... ternyata nilai 3 yang gue liat di mimpi gue adalah nilai temen gue :") OMG gue lega banget kayak baru selese boker. Nilai UN SMA gue pas-pasan. yah.. bagi gue sih bagus ahahaha. esalwes MTK yang terbusuk. tapi bagi gue 5,75 itu 6 :v pokoknya nilai paling kecil gue 6 :v 

Dah tuh gue lulus SMA pokoknya lega banget. ga peduli samsek sama SNM. Bonyok gue juga udah bilang gue ga bakal keterima, malah kata mereka gue gausah keterima aja. Soalnya gue udah bayar full di univ swasta yang gue daftar, udah dapet almet, udah dapet dan kenal teman-temen se asrama. GUE DOANG CUI temen yang lain masih luntang lantung nyari sekolah. 

Gue dan ortu ga pernah mempermasalahkan swasta ato PTN. yang penting gue kuliah dan jurusannya sejalur ama minat dan bakat. Toh ortu  tergolong mampu buat nguliahin gue di swasta. Tapi gue masih ngarep  FSRD ITB jadi gue tetap berniat daftar SBMPTN. gue juga bayar les gambar MUAHAL BANGET buat ngadepin tes  gambarnya. pokoknya kampus impian gue tetep ITB (bahkan dari kelas 10 gue tuh udah sering ikut TO FSRD ITB sampe ikutan bedah kampus segala wkwk).

Pas tanggal 9 Mei, gue baru mulai les gambar dari jam 10 pagi ampe jam 4 sore. gila? tapi gue seneng banget karena bisa ketemu orang-orang yang sehobi, ketemu sama pengajar yang jago desain, ngeilustrasiin game, sampai jadi komikus. Terus orang-orang di sana juga nyambung kalo bahas anime ato manga. 

Tapi gue gatau kalo ternyata pengumuman SNM tuh tanggal 9 Mei. Setau gue itu sih tanggal ultah Yamada Ryosuke wkwk. Pokonya pas pulang les, gue lagi di bus tuh buat pulang ke rumah terus pas buka grup kelas eh mereka heboh lagi nyelametin gue.

"KENTOLOLLLLL SELAMAT YAH ACIACIACIA AZEK DAH JADI NAX NANGOR"



Gue kaget campur bingung. Kaget karena "KOK BISA?" 

Pas ampe rumah gue ngasih tau mamski sama ayah. "aku keterima SNM masa...."

Reaksi mereka "Makan dulu sana. laper kan kamu."

ANJRIT :") gue dikira lagi ngigo karena kelaperan :(

Tapi pas gue ngecek sendiri di komputer.. gue masukin nomor NIM sama password dan ternyata beneran ada warna biru2nya yang berarti lulus ._. gue nangis. beneran nangis. gue ampe curhat ke temen deket. gue gamo kuliah disana mo nya di ITB. bahkan ampe ngoceh2 ke guru BK gue. gatau diri banget ya gue hehe..

Gue sadar tuh pas gue di omel-omelin temen yang ngatain kalo gue ga bersyukur. ga tau terimakasih. dsb. itu jleb bgt sumpah. gue dibilang gitu pokoknya, di depan rumah gue lagi. Ada ortu gue juga, bayangin dong ahaha.. tapi akhirnya gue sadar sih. yes gue emang cewek beruntung. 

Kenapa gue bilang gue salah milih jurusan?

Jadi gue pengeeeeeen banget. pengen banget jadi animator. Sebenernya gue gapunya cita-cita sampe gue SMA. Cita-cita gue tuh dulu kalo ga jadi berbi, jadi dora, jadi istri sasuke, jadi pacar tsubasa pokoknya gitu-gitu doang, ga berfaedah. Pas gue ngefangirlpun gue malah punya cita-cita jadi tukang kipas idol atau jadi kipasnya sekalian wkwkw. Nah, selama jadi fangirl gue punya temen dumay dari facebook dan dia jago banget ngegambar. Terus dia bilang "lagi kuliah di DKV biar bisa bikin anime gue sendiri" disitu gue akhirnya punya cita-cita; gue pengen bikin anime sendiri :'3

Pas pemilihan jurusan buat SNM, gue pingin milih DKV ITB. tapi ortu dan BK waktu itu udah ngehopelessin gue duluan dengan bilang kalo otak dan nilai gue ga cocok di ITB. setelah sercing-sercing, jurusan DKV ada di IKJ ataupun UNS. Setelah menimbang-nimbang, jadilah gue milih UNS, toh gue punya rumah di Solo. Jadilah pilhan pertama gue DKV-UNS. 

Nah, terus di pilihan kedua gue bingung milih jurusan apa. gue sebenernya pengen Sasjep karena gue pengen bisa ngetranslet dorama jepang yang jarang banget ada subtitlenya ato nransletin info idol kesukaan gue (biar gausah ngemis2 di acc sama komunitas di livejournal). Tapi bokap malah bilang "Sastra Prancis aja. Kalo di sasper dan bisa ngomong bahasa prancis, kamu bisa langsung kerja sama temen deket ayah yang orang prancis." wkwk akhirnya pilihan kedua gue sasper UNPAD wkwk. 

Tapi pas gue bilang gitu ke guru BK, dia cengo dan kayak syok gitu. Ngerasa ga yakin gue milih Sasper wkwkw pokoknya ga percaya banget dia. Guru BK malah nyaranin gue ambil UPI seni rupa aja. Soalnya dia nyaranin juga pilihan pertama itu kalo bisa seprovinsi sama sekolah dulu. karena gue di Jabar, otomatis gue disuruh milih univ yang di Jabar. Pas disuruh UPI... gue langsung gak mau. gue gak mau kuliah di keguruan. Walo katanya UPI gak cuma keguruan tapi tetep aja semua orang indo udah lebih kenal kalo UPI itu dulunya IKIP bandung yang buat jadi guru. Jadi gitu, gue tetep kekeuh di Sasper UNPAD buat pilihan kedua gue.

Pas H-3 sebelum finalisasi SNM, gue disuruh konsultasi lagi sama BK. dia kayaknya bener-bener kurang setuju gue di sasper wkwk. Akhirnya pas konsul gue di tawarin salah satu jurusan di fikom UNPAD karena tau gue pernah nulis buat majalah dulu.

Setelah diskusi yaudah pilihan pertama FIKOM-UNPAD karena gue lahir dan tinggal di jawa barat, pilihan kedua baru DKV-UNS, dan pilihan ketiga ilmu komunikasi-UNS. Kenapa UNS karena keluarga besar gue ada di Solo semua dan rumah mbah tuh deket sama UNS jadi kalo gue keterima UNS tinggal nginep di rumah mbah. Tapi intinya, semua jurusan yang gue pilih tuh sejalur. Sama-sama ada 'komunikasi'nya. Guru BK gue berkali-kali ngingetin juga buat kalau bisa tuh milih yang sejalur biar panitia tau minatnya dimana.

Pas udah mutusin itu, gue ga bilang ke ortu wkwk mereka taunya gue udah fiks milih di sasper. bokap keknya malah udah ngomeng ke temennya yang orang prancis itu _ _" lagian pas itu gue juga lagi sibuk gambar buat daftar SNM di DKV UNS. jadi gue ga bilang apa2 lagian dipikiran gue paling ga bakal lolos. Eh taunya lolos. Puncak komedi sih wkwk

Keterima dimana? Yap. Di pilihan pertama.

Oh, kalo kepo sama gambar gue yang buat SNM.. ini nih


Et bentar.... bukan deng. itu mah suaminya neng Yuri haha

Yang bener yang ini :"

Ciye temenku ultah
Sama yang ini
Eh itu kenapa mbaknya

Disuruhnya satu berwarna satu hitam putih. waktu itu ada 5 tema yang bisa dipilih. Suasana kecelakaan, suasana ulang tahun, suasana demo buruh, suasana restoran. sama suasana kebun binatang. Iya gue tahu gambarnya ga proposional. ga rapih, yang item putih garisnya mengsong mengsong tapi bodo amet orang gajadi keterima DKV ini :( Mungkin gaketerima di DKV karena pas ngisi portofolio itu dua gambar gue kasih judul aneh. yang satunya "Ciye temenku ultah" dan satu lagi "Eh itu kenapa Mbaknya" gitu wkwkwk jadi.. yagitulah. bye bye DKV :"( 

Gue memutuskan, nanti nyari kecengan anak DKV ITB :3

Sekian dan terima Kaji Yuki wkwk


Tidak ada komentar:

Posting Komentar