Rabu, 22 Februari 2023

Tentang 7 Dosa Besar, Iblis, dan Ain

Beberapa tahun belakangan ini gue ngerasa freak banget (ya walopun dari dulu udah freak sih). Kayaknya sejak 2018, gara-gara gue terlalu ngikutin Nanatsu no Taizai atau 7 Dosa Besar. Sebenarnya anime itu gak serta merta nyeritain tentang buruk dan jahatnya 7 dosa besar yang diwakilin iblis-iblis kejam, tapi justru kebalikannya. Tau sendiri lah, anime kan yang jahat dibikin baik, yang baik dibikin jahat. Contohnya ya siluman rubah ekor sembilan yang akhirnya jadi pahlawan haha. Anime loves do the opposite.

anime Nanatsu no Taizai

Tapi gara-gara nonton Nanatsu no Taizai, gue tuh jadi OBSES  sama hal-hal yang berbau iblis. Dari dulu gue emang lebih tertarik sama cerita-cerita iblis dibanding setan-setan kroco macem kuntilanak atau pocong. Soalnya kuntilanak atau pocong tuh JELEK. Kalau Iblis tuh wujud di film, komik, dan di anime masih ganteng-ganteng wkwk. Puncak kepo gue sama iblis tuh awal tahun ini. Gue sekarang jadi makin sering nyari-nyari info tentang iblis terutama 72 legium iblis yang di segel nabi Sulaiman dan 7 iblis penguasa neraka yang mewakili 7 dosa besar.

Buat yang belum tau, 7 dosa besar atau Seven Deadly Sins terdiri dari Sombong, Amarah, Iri Dengki, Serakah, Hawa Nafsu, Rakus, dan Malas. Yang menyimpulkan 7 dosa itu  Paus Gregory I dan menurut dia, masing-masing 7 dosa diwakili oleh iblis yang juga menempati 7 neraka. Gue bakal ulas satu-satu sesuai urutan yang gue yakini. Tapi disclaimer, tulisan ini gak benar-benar berdasarkan literatur resmi karena murni curcol semata.

Menurut demonolog, peringkat dosa paling tinggi tuh sombong. Di islam disebut juga dosa paling besar adalah menyekutukan Tuhan, dan menyekutukan Tuhan adalah turunan dari dosa sombong. Kok bisa? Ya karena orang itu merasa ada yang lebih hebat dari Tuhan sehingga dia menyembah dan mempercayai selain Tuhan. Atau bahkan merasa Tuhan itu gak ada dan dia bisa bertindak atas kuasanya sendiri. Makanya dosa ini diwakilin sama iblis yang terkenal seantero raya. Siapa lagi kalau bukan Lucifer.

Kibutsuji Muzan as Lucifer

Dosa sombong tuh dosa yang gak bisa diampuni. Bagaimana orang sombong bisa diampuni kalau dia aja sombong dan merasa gak butuh pertolongan Tuhan? Tuhan aja gak dianggap coy. 

Lucifer katanya rajanya iblis atau pangeran neraka yang menempati neraka paling bawah (bisa jadi neraka jahanam wkwk). Dia juga yang paling banyak anak buahnya. Saking tingginya jabatan Lucifer, dia paling susah dipanggil saat ritual. Kata para satanis yang pernah manggil iblis, Lucifer nyaris nggak mau dateng dan lebih sering nyuruh setan-setan kroconya.

Lagian nggak usah manggil, Lucifer dan antek-anteknya dipastikan nemplok ke orang-orang sombong yang suka merendahkan orang lain,  suka merasa lebih hebat, dan suka pamer wkwk. Kata gue juga ni iblis paling demen sama orang-orang yang punya kuasa karena paling mudah untuk dibuat jadi sombong. Eh tapi, nggak punya kuasa pun kalau orang itu sombong dengan mengaku bisa berbicara sama malaikat atau nabi, mengaku bisa mengalahkan iblis, atau mengaku bisa melihat Tuhan dan bahkan mengaku utusan Tuhan, paling dia udah temenan ama Lucifer.

Oke lanjut diperingkat kedua ada dosa amarah atau murka. Nama iblisnya paling populer karena sering disebut-sebut. Dia adalah Satan.

Asta as Satan

Satan ini representasi dari orang-orang yang nggak bisa mengontrol amarah dan bencinya sehingga sampai hati membunuh. Kita bisa lihat sendiri, di dunia ini BANYAK BANGET orang-orang yang membunuh satu sama lain. Bahkan bila itu keluarga maupun pasangan.  Dan menurut beberapa ajaran agama juga, membunuh adalah dosa yang sangat-sangat besar. Makanya di dunia sampe ada keadilan buat urusan bunuh membunuh (kalau nggak ada wah anjir manusia ini isinya Satan semua wkwk).

Anyways, Satan dan kroco-kroconya paling suka nemplok ke orang-orang pendendam yang hobi menyakiti orang lain dan merencanakan pembunuhan. Para dukun-dukun santet tuh keknya make dedemit dari anak buahnya Satan wkwk. Selain itu, Satan suka banget sama orang-orang yang ngomong kasar dan jorok. Ati-ati aja yang bentar-bentar ngumpat. Karena ucapan jorok sering terucap dengan spontan saat keadaan marah, benci, sakit, dan kecewa. Kalau udah terucap spontan berarti isi kepalanya udah terpatri sama hal-hal kotor, dan kata-kata kotor ibarat snack sehari-hari iblis ini.

Pernah nggak sih lu ngomong “anjing!” atau “kontol!” pas kesandung atau kepentok meja? Atau saat dikagetin lu teriak “monyet!”? Nah kalau udah reflek ngomong gitu, fix Satan tuh nempel di lu wkwkw. Bayangin kalau tiba-tiba ditabrak truk dari belakang dan yang lu sebut “Bangsat!” atau pas sekaratul maut yang keucap “Jancuk!” wkwk dah lah, pesta pora si Satan.

Ketiga, ini dosa yang menurut gue paling sering dimiliki perempuan. MENURUT GUE LOH YA JANGAN PROTES >=( apalagi kalau bukan dosa iri dengki. Iblisnya Leviathan (beberapa demonolog di Indonesia bilang Nyi Roro Kidul tuh wujud dari iblis ini wkwk). 

Roro Kidul as Leviathan

Dosa iri masuk top 3 dosa besar karena orang yang iri bisa sampai hati memfitnah. Ingat fitnah lebih kejam daripada pembunuhan? Ya karena perasaan iri dengki tuh selalu datang kalau melihat orang lain senang, jadi biar dia gak senang ya difitnah. Kenapa gue bilang dosa ini paling sering ada di perempuan? Karena menurut pengamatan gue, cemburu tuh turunan dari iri. Dan yang lebih sering cemburu itu perempuan. 

Perempuan kalau cemburu tuh random banget, liat temen seperjuangannya yang tiba-tiba ditembak cowok ganteng langsung gasuka, ngeliat adeknya nikah duluan langsung bete karena tersaingi, ngeliat temennya nggak jerawatan sementara dia mukanya penuh jerawat langsung minder. Ah banyak lah. Tapi kalau masih sebatas iri atau cemburu dan nggak sampai mencelakai tuh kadarnya cetek, Leviathan dan kroconya ibarat makan remahan doang wkwk tapi kalau udah sampai dengki dan menyebarkan fitnah, menjadi pelakor, makai pelet atau gendam, nah si Leviathan baru mukbang XD

Lanjut ke dosa nomor empat, ini dosa yang sering nemplok ke para koruptor, orang-orang yang nggak pernah puas, dan sering mengambil hak orang lain. Apalagi kalau bukan dosa serakah. Iblisnya adalah Mammon. Sebenarnya ada yang bilang Beelzebub atau Baal, tapi gue ambil berdasarkan info Goetia Demon yang bilang iblis serakah adalah Mammon.

ayang beb Sebastian Michalis as Mammon

Kalau Lucifer paling susah dipanggil oleh para satanis, Mammon katanya yang paling gampang di panggil. Iblis ini juga paling sering disembah atau paling sering mengadakan perjanjian sama orang-orang yang ingin kaya, terkenal, dan berkuasa (kalau udah berkuasa dan jadi sombong, iblisnya dobel ama Lucifer /nahloh wkwk). Gak terhitung siapa aja artis atau pejabat yang menjual jiwanya ke iblis ini buat jadi tenar dan kaya, bisa dibilang iblis ini demen banget sama orang-orang tajir wkwk

Kenapa orang-orang tajir? Karena bukti nyata orang-orang serakah adalah orang yang sudah punya, sudah mampu, sudah KAYA, tapi masih KURANG. Saking merasa kurang, maunya lagi dan lagi sampe melakukan hal najis kayak korupsi. Kalau masih kurang, ya bikin perjanjian sama Mammon. Tapi bukan berarti ni iblis cuma demen sama yang tajir ya, pokonya kalau ente nggak pernah puas sama apa yang udah dipunya, Mammon dan kroco-kroconya siap ngasih! Asal siapin tumbalnya aja sih wkwk

Kelima, ada dosa hawa nafsu. Kalau iri dengki lebih sering ada di perempuan, dosa nafsu ini paling sering ada di laki-laki. Iblisnya nggak lain nggak bukan Asmodeus.

Asmodeus Alice as Asmodeus

Bukti nyata dosa hawa nafsu ini adalah kasus-kasus pelecehan sampai pemerkosaan yang mana menurut data lebih banyak dilakukan laki-laki. Tapi cewek-cewek yang segitunya sama lakik ampe dibikin fantasi juga udh masuk ranah dosa nafsu. Tiati aja fangirl yang hobi bikin fanfic NSFW /ngomongdidepankaca WKWKW

Asmodeus dan kroconya (yang gue yakin banget kroconya tuh Genderuwo) adalah iblis paling cabul dan suka banget menghasut orang-orang buat berfantasi seks sampe ngewe. Tiati juga buat cowok yang suka coli, itu kroconya Asmodeus ngeliatin sampe ngiler wkwk. Asmodeus nih berhasil mengasut satu pemukiman untuk melakukan pesta sex gak peduli segender atau gak sampai akhirnya satu tempat itu dileburkan. Dileburkannya mereka langsung jadi pengikutnya Asmodeus wkwk.  Makanya gue mikir, mungkin kalau kaum homo hanya sebatas mencintai, menyukai, dan saling mengasihi nggak apa-apa. Tapi kalau sampai ngesex…??? Who knows.

Keenam, ada dosa yang mirip-mirip serakah padahal beda. Yakni dosa rakus. Iblisnya terkenal banget soalnya ampe dibikin anime dan itu SERU BANGET WKWKWK siapalagi kalau bukan Beelzebub atau Baal. Wujud iblisnya katanya laler tapi gue selalu kebayang wujudnya Baby Bel yang lucu dan suka pipis dimana-mana wkwkw

Baby Bel as Beelzebub

Dosa rakus nih sering dikaitkan sama makanan, padahal turunan dosa ini tuh banyak. Salah satunya pelit. Kok bisa? Ya karena dia nggak mau berbagi, maunya buat dia semua. Kalau dosa serakah biasanya dimiliki orang-orang kaya, dosa rakus nih sering dimiliki orang-orang miskin karena dia NGGAK PUNYA (atau merasa gak punya), jadi giliran dapet kesempatan DIA MAU SEMUA. Tindakan mencuri, mengutil, merampok, menerima sogokan, MENIMBUN MINYAK ATAU BAHAN POKOK TERUS DIJUAL LAGI DENGAN MAHAL BANGET masuknya ke dosa ini juga.

Btw, Beelzebub suka banget sama sesuatu yang jorok. Diantara 7 iblis, dia nih yang paling jorok, kotor, iyuh, pokoknya gak banget. Makanya demonolog mewujudkan dia sebagai siluman laler (KENAPA GA KECOAK YA AHAHA). Beel terkenal jorok karena balik lagi ke basic dosa rakus yang berkaitan ama makanan, semua yang dia mau tuh selalu dimakan gak peduli jorok, haram, kotor, dan sampah. Demit yang suka ngejilatin darah-darah mens di kamar mandi bisa jadi antek-anteknya Beelzebub wkwk

Ketujuh, last but not least. DOSA SEMUA ORANG HAHAHAHA apalagi kalau bukan MALAS. Iblisnya adalah Belphegor.  

Kingu as Belphegor

Orang-orang yang ngeremehin dosa ini tuh pada gak sadar kalau ini aslinya dosa besar. BESAR LOH. Lu kira males sampe ninggalin ibadah dan lupain Tuhan itu ga dosa besar? Iblis ini juga yang paling sering ngasih ilusi buat bunuh diri, buat males idup. Kalau ada yang ngebisikin atau bahkan ngajakin buat bunuh diri itu pasti antek-anteknya Belphegor. Makanya gue selalu bilang ke temen yang berhasil waras dan gajadi bundir “selamat, anda mengalahkan iblis Belphegor”.

Turunan dosa ini tuh ga cuma males, tapi juga nggak bertanggung jawab, lalai, suka menunda pekerjaan, suka berbohong, dan munafik. Karena pada dasarnya iblis ini hobi banget nemplok ke orang-orang buat nggak menjalankan apa yang seharusnya mereka jalankan. GAK BAYAR PAJAK ATAU NYONTEK JUGA TURUNAN DOSA INI LOL.

Omong-omong, dari 7 iblis tersebut, tiga di antaranya udah  disegel sama nabi Sulaiman. Biar gak terlalu agamis gue sebut Solomon aja deh ya. Solomon menyegel 72 iblis di dalam cincinnya yang dikenal sebagai The Lesser Key of Solomon, tiga diantaranya yakni Mammon, Beelzebub, juga Asmodeus. Sampe sekarang gue masih kepo sama nasib 72 iblis yang disegel Solomon soalnya cincinnya gak tau kemana kan. Harusnya sih ada penurusnya Solomon yang punya akses ke cincinnya, tapi jaman sekarang manusianya bejat-bejat jadi susah make cincinnya kali ya wkwk

Solomon di anime Makai Ouji Devil and Realist

72 iblis yang disegel nih patuh banget sama Solomon. Mereka disegel bukan buat menghilang dari muka bumi atau gimana, tapi disegel karena nurut sama Solomon sehingga menjalankan tugas iblisnya sesuai porsi, biar gak berantem mulu sama malaikat wkwk. Intermezzo, nabi favorit gue tuh Solomon, soalnya bisa nundukin iblis, malaikat, sama binatang hehe. Sayangnya, dari 72 iblis nggak ada Lucifer (YA MANA MAU LUCIFER NURUT AMA MANUSIA WAKSS). Tapi keknya seru kalau ada yang bikin cerita tetang Solomon vs Lucifer, apa gue bikin ya /hoi wkwkw

Nah, udah kelar bahas 7 Dosa dan iblisnya. Sekarang coba ngaca, diantara 7 itu, 2 yang paling dominan di diri lu apa? wkwkw. Karena sebenernya manusia tuh PASTI punya at least 2 dari 7 dosa besar yang melekat. Kalau gue sih jujur Marah sama Iri :”)))) 

Asli, gue tuh orangnya gampang banget kesulut emosi. Hal remeh aja bisa bikin gue gasuka dan benci. Makanya kalau gue stress dan depresi yang ada bukannya bundir malah pengen bunuh orang -,- (pengen doang ya, ga bener2 impulsive kok wkwk).

Terus Iri… ini tuh.. gue nggak ngerti lagi kenapa sih gue gampang iri kek, gue bisa stress sendiri kalau gue kalah sama orang. Kalau dibanding-bandingin ama orang. Orang udah lulus kuliah gue belum, langsung iri. Orang udah kerja dapet gaji gue belom, langsung iri. Temen gajinya lebih besar dari gue, iri. Bentar-bentar iri anjir bangsat banget diri ini wkwkwk. Dan kalau udah iri tuh gue bisa satu jurusan ama marah. Marah ke diri sendiri juga ke orang yang bikin iri. Jadi biar dua setan itu ga merajalela di badan gue, gue off sosmed atau menjauh dari orang-orang yang bikin gue iri

Oke lupain.

Sekarang gue mau ngomongin Ain. Soalnya kemaren rame banget kan masalah penyakit Ain ini. Dari yang gue baca-baca, penyakit Ain terjadi ketika seseorang memandang kagum sampai punya rasa iri ke sosok atau ke hal yang dia pandang. Tapi yang kena penyakit Ainnya si sosok yang dipandang wkwk AGAK SIALAN YA BUN :”)))) yang iri siape, yang kena siape


Tapi gue nangkep kok maksudnya dan gue percaya adanya Ain. Dari semua cerita yang gue baca juga, bisa diambil kesimpulan kalau Ain tuh terjadi karena perpaduan dua dosa. Iri dengki dan sombong. Lucifer sama Leviathan collab /jiakh

Jadi menurut penalaran otak gue, Ain tuh terjadi karena ada orang memperlihatkan sesuatu dengan perasaan SOMBONG lalu orang yang melihatnya kagum hingga muncul rasa IRI. 

Makanya hati-hati yang suka nunjukin wajah cakepnya di sosmed, rumah atau barang mewahnya, kegiatan menyenangkannya, atau bahkan pamer DAPET PROMO MURAH BANGET TANGGAL KEMBAR DI OLSHOP!! karena kalau nunjukin semua itu dengan perasaan bangga lantas yang melihatnya iri, DUAR! KENA DAH.

Kalau di islam sih diajarin biar gak keliatan sombong saat menunjukan sesuatu dikasih tulisan "MasyaAllah TabarakAllah" biar orang yang lihat tuh  ngebaca dan terhindar dari iri juga. Tapi kan hati gada yang tau ye wkwk. 

Gue pernah debatin ini sama temen yang ngotot bilang Ain tuh bukan masalah dosa sombong atau iri. Katanya orang yang matanya “tajam” bisa saja hanya melihat batu dan kagum, batu itu akan hancur. Gue be like??? itu orang sakti yang punya kekuatan mata lasernya Cyclops apa gimana?? wkwk kata dia ada hadisnya, tapi gue kalo sama hadis tuh jarang mau percaya, lagian sebenernya prinsip gue sama “kesialan” atau “pesakitan” yg terjadi di dunia ini ga lain ga bukan  karena perbuatan dan ucapan yang pernah dilakukan terhadap sesama makhluk (baik yang idup ato yang mati).  Ain termasuk di dalamnya, tapi ada hal luas yang mempermainkan kesialan dan pesakitan itu. Jadi daripada debatin tentang terjadinya Ain, mending mikir lu tadi atau kemarin atau waktu lalu habis ngelakuin apa? berbuat apa?ada yg tersakiti nggak?

Sebentar, ini tulisan keknya jadi panjang banget gasih? Walach, 2500 kata udah mirip sama tugas essay jaman kuliah wkwk. Dah lah segini aja bacotan gue tentang Iblis, Dosa, dan Ain di awal tahun 2023. Tolong jangan ngira gue bakal jadi demonolog walopun gue cinta ama Sebas, soalnya gue gak mau bikin perjanjian. Lagian mata gue minus terus sering belekan gak kayak matanya Ciel :( Kapan-kapan gue nulis 7 Malaikat Kebajikan yang ngelawan 7 Iblis ini deh. Dadah~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar