Selasa, 16 Mei 2023

Shalawat a.k.a Berjudi sama Tuhan

Pembahasan ini agak sensitif tapi gue gatel pengen nulis. Sebenernya udah lama banget pengen nulis tentang ini cuma bingung aja ngerangkai katanya, dan belum lama ini gue ngobrol sama ayah (as always, bokap tuh guru spiritual terbaik gue) jadi pengen bener-bener cerita.

Kira-kira taun 2017 gue pergi ke PVJ sama temen, katanya buat cuci mata aja (kita bener-bener nggak keluar uang di mall itu). Terus selama keliling mall, dia hobi masuk ke berbagai toko, entah toko sepatu, toko baju, toko tas pokoknya masuk aja dulu buat liat-liat. Gue juga seneng sih window shopping gitu jadi hayo aja tiap pergi bareng dia. Tapi tiap masuk ke toko, tiba-tiba dia shalawat. Gue ngerti kenapa dia shalawat, kan katanya barang siapa yang shalawat ke Rasul, keinginannya bakal dijabahi Allah. 

Tapi yaudah, gue ga pikir panjang atau anggap aneh. Cuma kaget aja ngeliat dia tiba-tiba shalawat sambil megang sepatu harga dua juta yang di toko. Beda banget sama gue soalnya dari SMP kalau window shopping terus liat sepatu atau baju yang cakep (terutama baju-baju cowok ya) pasti sambil ngebayangin “gila sih, ini Yamada Ryosuke cocok banget pake ini.” Atau “Fix ini bajunya Kimutaku kalau mau kondangan.” wkwk

Terus tahun ke tahun, gue semakin sering denger narasi “duuh pengen ini, yuk shalawat yuk” atau “aaa shalawatin aja dulu” atau “bismillah allahuma shaliala sayidinna Muhammad *insert foto iphone terbaru”

Gue jadi ngerasa… ini orang-orang beneran yakin kalau shalawat keinginannya bakal dijabahi atau cuma latah aja sih? Kayaknya yang kedua deh wkwk

Soalnya pas gue ngobrol-ngobrol ama temen tentang shalawat, dia jawabnya enteng banget, “biar ada alasan buat shalawat aja sih. Daripada nggak shalawat samsek” -_- jadinya gue ikutan latah, kalau pengen sesuatu baru shalawat.

Terus gue cerita kan ke ayah. Kata ayah, “ya nggak apa-apa dong. Kalau ada orang pengen sesuatu terus ngelakuin shalawat kek, dizikir kek, shalat ampe jengking jengking 24 jam kek,  selama ke Tuhan.. ya nggak apa-apa. Emang Tuhan yang punya segalanya kok.”

gue be like… “berarti berdoa atau shalawatnya karena ada maunya doang?”

Ayah bales, “Ya namanya juga manusia. Selama masih punya kepentingan di dunia, bakal susah buat nggak minta minta. Kecuali udah jadi ahimsa, biksu, atau orang yang meninggalkan kepentingan duniawinya, udah nggak peduli hidupnya gimana, cuma mau shalat dan berdoa aja, baru dah tuh berdoanya nggak minta-minta. Sekelas nabi aja masih doa minta minta. Minta kesehatan lah, minta dijauhkan fitnah lah. Tapi yang penting ke Tuhan. Bukan ke setan. Kalau ke Tuhan kan gampang, tinggal doa. Kalau ke setan harus nyiapin tumbal.”

Gue ketawa waktu ayah ngomongin tumbal. Habis itu gue jadi mikir, bener juga. Selama ini gue kalau shalat atau doa pasti minta sesuatu. Entah sekedar hal remeh kayak semoga besok bisa bangun pagi sampai minta hal ngaco kayak dapet jodoh macem Usui Takumi.

Tiba-tiba ayah bilang lagi, “Tapi… terlalu berjudi sama Tuhan tuh bisa bikin kamu jauh sama Tuhan.”

Monmaap? Apanih?? “Kok judi yah?”

Lanjut ayah, “iya, kamu berdoa sebanyak-banyaknya, memohon sebanyak-banyaknya dengan berharap dikabulkan kan kayak sedang bertaruh sama Tuhan. Tapi itu bahaya, karena kalau cuma fokus berdoa yang minta-minta tanpa mawas diri, ketika doanya nggak dijabah nanti bisa jadi nyalahin Tuhan, nanti jadi nggak percaya lagi sama Tuhan. Apalagi kalau udah doa atau shalat sampe jengking-jengking tapi tiba-tiba malah dikasih ujian berat. Kan emang orang yang beriman ujiannya lebih berat, semakin berdoa malah dikasih cobaan. Kalau yang nggak kuat ama cobaan biasanya jadi ragu sama Tuhan, jadi ngerasa kalau doanya sia-sia, doanya gak dikabulkan. Padahal kan nggak semua doa manusia itu baik buat manusia itu sendiri. Yang tahu baik dan buruknya kan Tuhan. Jadi suka-suka Dia mau ngabulin atau nggak. Mau manusianya udah berusaha sambil berdoa juga, belum tentu dikabulin kan.”

Gue lagi-lagi mikir... iya bener juga. Judi kan untung-untungan, belum tentu menang, dan belum tentu menang itu baik. Bahkan udah berusaha aja belum tentu dapat yang dimau. Doa pasti kan banyak mintanya dan belum tentu satu dikabulin. Kalau fokusnya cuma minta doang meski dibarengin usaha terus permintaannya gak ada yang dikabulin ya mirip judi tapi nggak menang. 

Ayah bilang lagi, “Makanya harus mawas diri. Harus tau diri. Lebih baik kamu doa, kamu shalat, kamu ibadah karena emang pengen ngasih unjuk bakti kamu ke Tuhan. Tanpa pamrih. Kalau dikasih alhamdulilah, kalau nggak ya berari emang udah takdirnya. itu kemenangan sesungguhnya. Lagian, manusia tuh cuma bisa ngasih bakti ke Tuhan. Isi doa-doa dalam beribadah kalau nggak pujian ke Tuhan ya larangan dan anjuran alias agar manusia melakukan bakti. Dan Tuhan seneng dengar umatnya memuji umat yang lain, makanya ada amalan shalawat. Kalau Tuhan seneng dengan apa yang udah kamu kasih, tanpa kamu minta juga apa yang kamu butuhin langsung dikasih. Jadi coba deh, shalawat tanpa ada keinginan apapun.”

'coba deh'... itu bukan cuma 'deh'. Karena berdoa tanpa meminta di jaman sekarang tuh SUSAH banget. Gue kan manusia biasa yang masih pengen sesuatu, jangankan materil, yang moril kayak minta kesehatan, selalu bahagia, dan dijauhkan dari marabahaya aja tetep termasuk minta-minta. Tapi gue juga pengen ngebuktiin tentang 'kalau Tuhan seneng, apapun bakal dikasih tanpa meminta'. Jadi gue mau COBA buat doa atau shalawat tanpa embel-embel meminta.

Awal-awal ga semudah itu ferguso, otak gue udah keseringan latah shalawat karena ada mau wkwk tapi gue langsung cari cara gimana caranya biar latahnya ke distrak sama hal yang nggak perlu gue minta. 

Akhirnya nemu suatu cara.

Sekarang gue shalawat sambil nunggu sesuatu. Kayak, kalau gue lagi mau masak mie atau masak sesuatu, sambil nunggu airnya matang sambil shalawat. Atau gue lagi nunggu laptop nyala gue shalawat. Lagi nunggu di ATM gue shalawat, lagi nunggu di tol, nunggu isi bensin, nunggu di lift. Pokonya kalau ada jeda nunggu sekarang gue shalawat. Dan terbukti! Gue bisa shalawat tanpa embel-embel meminta. Kadang kalau udah bosen sama shalawat gue ganti dengen dzikir pas lagi nunggu. Itu gue lakuin sekaligus tiap abis shalat wajib.

Efeknya nggak ada yang gimana gimana sih. Gue gak ngerasa keinginan gue kekabul juga. Toh ampe sekarang gue belum dapet jodoh kayak Takumi wkwk, cuma efek berdoa atau shalawat tanpa minta-minta yang gue rasain tuh hidup berasa lebih mulus dan kalau ada cobaan ada aja jalan keluarnya, gue nggak panik yang gimana-gimana. Otak gue udah ngasih sinyal kayak “oh, idup gue diaturnya begini, yaudah.” Gitu wkwk

Tapi gue tetep bakal doa meminta kok. Kayak yang udah gue bilang tadi, gue masih manusia biasa yang punya banyak mau. Ini aja gue lagi ngincer banget kamera mirorless sambil shalawat biar uangnya kekumpul buat bisa beli :")))))) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar